Laporan Investigasi Kasus Ann Skip Bail
Penulis : Endang Kurniawan | Kamis, 22 Desember 2016 - 15:41:47 WIB
Laporan Investigasi, Ann Dercover, Ann Skip BailLaporan Investigasi

Beberapa waktu sebelumnya, penulis telah membahas kasus Ann Skip Bail dengan Pendekatan Prinsip Occam Razor & Alexiou (baca : Rekontruksi Kasus Ann Skip Bail Dengan Pendekatan Prinsip Occam Razor & Alexiou). Dimana metode ini dikenal dengan 5W H1. Pada kesimpulan dari kedua metode ini didapat bahwa kejahatan, benda ataupun jejak yang memiliki keterkaitan dalam suatu peristiwa dapat dijadikan barang bukti ataupun petunjuk dalam mengungkap kasus dari suatu peristiwa kejahatan. Sebagaimana penulis telah sampaikan dalam tulisan sebelumnya mengenai barang bukti (baca : Antara Cybercrime dan Cyber Computer). Hal inilah yang dapat membantu dalam pengungkapan suatu kasus kejahatan dari bukti forensik yang ada.

Penulis meyakini dengan teori yang pernah diungkapkan oleh Dr. Edmon Locard dalam teorinya yang mengatakan bahwa, “Every contact leaves a trace”. (baca : Hubungan Prinsip Locard Exchange Dengan Digital Forensic). Setiap bentuk kejahatan, akan meninggalkan jejak, bukti fisik tidak bisa salah, tidak bisa bersumpah palsu, dan tidak sepenuhnya tidak ada. Hanya kegagalan manusia untuk menemukannya, mempelajari dan memahaminya, yang dapat mengurangi nilainya.

Sementara kasus sudah berhasil di analisis dan di teliti, kini langkah berikutnya agar barang bukti digital dapat diterima dipengadilan, maka dibuat suatu laporan atau reporting hasil dari investigasi tersebut. Untuk melihat laporan yang dimaksud dari kasus Ann Skip Bail, netizen dapat mendowload pada halaman berikut.

Investigation Report

D O W N L O A D

All is about imagination - Endang Kurniawan
Sumber : https://endangkurniawan.com/article-laporan-investigasi-kasus-ann-skip-bail.html