Fred Algorithm
Penulis : Endang Kurniawan | Kamis, 14 Desember 2017 - 16:00:11 WIB
Adsense, Google Ads, Algorithm, Fred, Pinguin, HummingBirdFred Algorithm

Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai Algoritma yang digunakan google sebagai panduan para pemburu dollar. Akhirnya Google mengkonfirmasi mengenai update algoritma yang terjadi pada sekitar 8 maret 2017, di mana algoritma ini kemudian diberi nama algoritma Fred. 

Sebelumnya, topik ini menjadi hangat diperbincangkan dikarenakan penuruan trafik pada web yang banyak menayangkan iklan. Sebagaimana di jelaskan oleh SEO Roundtable, situs yang terkena dampak negatif merupakan situs-situs yang bermasalah dengan iklan (bertujuan menghasilkan uang dari Adsense atau iklan dan memasang terlalu banyak iklan) tanpa menguntungkan pengguna (tidak menyelesaikan masalah pengguna). Situs yang kena pukul juga menunjukkan 50% atau lebih penurunan trafik organik dalam semalam

Faktanya, beberapa webmaster yang berhasil melakukan recovery mengatakan bahwa mereka menghilangkan iklannya. Jadi, algoritma Fred bukan sesuatu yang baru dan sudah ada sebelumnya. Hanya saja kali ini memakan banyak korban.

Pada awalnya spekulasi yang ada mengindikasikasikan bahwa algoritma Fred menghancurkan situs-situs yang terlalu berfokus pada uang dan tidak menghiraukan kepuasan pengguna. Tapi itu hanya bagian kecil saja dari algoritma Fred.

Berikut adalah konfirmasi Google yang saya kutip dari SEO Roundtable :

John Mueller pada menit ke 53:50 di dalam video disinggung tentang kualitas menurut algoritma Fred dan di dalam responsnya, John menyebut “kualitas” enam kali dan ia tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawab pertanyaan.

Berikut adalah pertanyaannya :

"Since the Fred update, oh my gosh, we’ve seen a gradual decline in our search rankings. We’ve followed all of the Google guidelines so we can’t understand why we’ve fallen so far. We were on top of page two, bottom of page one, (and now the lights are turning off again, because of Fred, Fred is turning off the lights). Any help that you can give us would be great."

(Sejak update Fred, oh my gosh, kami telah melihat penurunan bertahap dalam peringkat pencarian kami. Kami telah mengikuti semua pedoman Google sehingga kami tidak bisa mengerti mengapa kami telah jatuh begitu jauh. Kami berada di atas halaman dua, bagian bawah halaman satu, (dan sekarang tidak ada harapan lagi, karena Fred, Fred mematikan harapan). Setiap bantuan yang dapat Anda berikan kepada kami akan menjadi besar.)

Berikut jawabannya :

"Essentially, if you are following the Google guideliens and you are doing things technically right, then that sounds to me like there might just be just quality issues with regards to your site. Things that you can improve overall when it comes to the quality of the site.
Which means there is no simple kind of answer, like there is no meta tag that would make your web site higher quality. It is just in general, you probably need to take a step back, get random people who are interested in that topic to review your site compared to other sites to kind of go through a survey to see what you can be doing better to improve the quality of your site overall. And ideally, don’t just like tweak things to kind of subtly improve the quality to see if you can get a little higher. Really take a stab at it and try to figure out what you can do to make a significant dent in the quality of the site overall."

(Pada dasarnya, jika Anda mengikuti Panduan Google dan Anda melakukan hal-hal teknis dengan benar, maka menurut saya hal itu terdengar seperti mungkin saja hanya masalah kualitas berkaitan dengan situs Anda. Hal-hal yang dapat Anda tingkatkan secara keseluruhan jika itu berkaitan tentang kualitas situs.

Yang berarti tidak ada jawaban sederhana, seperti tidak ada meta tag yang akan membuat situs web Anda lebih berkualitas. Hal ini hanya secara umum, Anda mungkin perlu melakukan instropeksi diri, temukan orang secara acak, orang-orang yang tertarik pada topik, untuk meninjau situs Anda dibandingkan dengan situs lain sejenis melalui survei untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan lebih baik lagi untuk meningkatkan kualitas situs Anda secara keseluruhan. Dan idealnya, jangan melakukan tweak hal-hal sepele yang sulit dideteksi dalam meningkatkan kualitas untuk melihat apakah Anda bisa mencapai level sedikit lebih tinggi. Ambil langkah besar dengan sungguh-sungguh pada hal itu dan coba untuk mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat perubahan signifikan dalam kualitas situs secara keseluruhan.)

Berikut video pernyataan mengenai algoritma fred ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mengkonfirmasi mengenai algoritma Fred yang digunakan oleh google untuk saat ini. Terima kasih. (-EK-)

All is about imagination - Endang Kurniawan
Sumber : https://endangkurniawan.com/article-fred-algorithm.html