Artikel

Home  »  Teknologi Informasi »  Tugas Web Master, Web Developer, Web Design
  • Currently 5.30/10
Rating: 5.3/10 (37 votes cast)

Tugas Web Master, Web Developer, Web Design

Sabtu, 23 Mei 2015 - 18:25:09 WIB | Teknologi Informasi | komentar : (0) | dibaca : 5688
Tugas Web Master, Web Developer, Web Design

Banyak orang yang agak bingung apa bedanya pekerjaan web designer dan web developer serta ada istilah lain yaitu web master. Sebagian orang bahkan ada yang menganggap semua pekerjaan tersebut sama. Makanya tak hayal banyak orang yang sebenarnya hanya web designer di tawarin pekerjan atau diminta untuk membuatkan website oleh seseorang.

Berikut ulasan dari masing-masing tugas tersebut.

Web designer yaitu orang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Web designer adalah orang yang tugasnya membuat tampilan halaman website sehinga tampak begitu cantik dan sedap dipandang mata. Biasanya desainer web mengintegrasikan berbagai komponen seperti file gambar, file video seperti flash(namun sekarang flash ini sudah tidak direkomendasikan), atau multimedia lain ke dalam sebuah halaman website untuk menambah pengalaman visual bagi para pengguna, atau untuk melengkapi hamalan konten website.

Pemahaman tentang Client-side scripting seperti HTML, CSS, Javascript serta mengerti cara memanipulasi gambar / foto dan animasi adalah beberapa hal yang dikuasai oleh web desainer. Web designer biasanya bekerja dalam sebuah tim untuk memastikan sebuah tampilan website bisa membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan yang biasanya perlu dimiliki adalah komunikasi yang baik, ini tentu akan menjadi sangat berguna untuk para web desainer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal lain yang juga harus dimengerti oleh web designer adalah masalah usability atau kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS serta kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda, bahkan yang terbaru web desainer harus mengerti masalah tampilan website yang harus bisa dibuka di setiap perangkat yang memiliki ukuran layar berbeda atau biasa diserbut desain web responsif atau responsive web design.

Web Developer adalah orang yang pekerjaannya menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemograman seperti Java, PHP, .NET, atau Python.

Pada prakteknya, web developer membuat berbagai hal bisa “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, yang meliputi penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada di website yang dibuatnya.

Seorang web designer yang handal biasanya akan terbiasa dengan bahasa pemograman web, baik itu yang ada di bagain server (server side scripting) maupun dari sisi klien (Client-side scripting). Aspek tampilan biasanya menjadi hal yang tidak terlalu dipusingkan oleh seorang web developer, dia pasti memahami HTML dan CSS tapi desain website itu juga membutuhkan kreativitas dan jiwa seni, jadi walaupun web developer memahami setiap perintah yang ada di HTML dan CSS, dia tidak bisa dipekerjakan sebagai web designer karena tidak memiliki kemampuan dalam membuat desain, hanya untuk mengaplikasikan desain yang telah dibuat menjadi lebih dinamis pastilah dikuasai oleh web developer.

Web Master bisa saja orang yang memiliki dua kemampuan yang kita bahas diatas, namun kelebihannya adalah web master ini juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang telah dibuat, memastikan website selalu bisa diakses atau tidak down. Bahkan webmaster juga bisa saja bertanggung jawab untuk optimasi mesin pencari (SEO), mengisi konten website, hingga memasarkan website itu sendiri kepada publik.

Namun pada skup kelompok kerja yang lebih luas, webmaster akan lebih banyak ditugaskan untuk menjadi manager dari sebuah proyek berbasis web, mengatur pekerjaan web developer dan web designer, sampai melakukan pengujian terhadap usability atau kebergunaan aplikasi web yang terlah dibuat sebelumnya, melakukan testing, bahkan urusan keamanan website.

Bagi seorang web developer, kemampuan logis sangatlah diperlukan untuk mengatur alur aplikasi web, sedangkan web designer membutuhkan kemampuan artistik dan juga kreativitas, yang pasti jiwa seninya harus kuat. Sedangkan Webmaster akan lebih banyak membutuhkan kemampuan logis, artistik, serta pengalaman yang baik dalam permasalahan umum yang ada di dunia web, seperti mengatur file yang ada di hosting, memastikan website bebas hacker, website tidak down, dan hal penting lainnya.

SHARE TO:
Ada 0 komentar untuk arikel ini
Isi Komentar

Nama :
Email :
Komentar : Sisa Karakter
Captcha : Security Code
Type Code :


Halaman ini menerima komentar terkait artikel yang berjudul Tugas Web Master, Web Developer, Web Design . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Kami berhak untuk tidak menampilkan komentar jika mengandung SPAM, tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Berita Terkait : Teknologi Informasi

Quote of the day

Nothing is impossible. Anything can happen as long as we believe.

Calender

« Mar 2019 »
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sat
24 25 26 27 28 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6

Artikel Terakhir

Digital Forensics Investigation Models

Digital Forensics Investigation Models
Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:27:07 WIB

Janji Manismu Menyakitiku, Mau Nambah Lagi?

Janji Manismu Menyakitiku, Mau Nambah Lagi?
Jum`at, 18 Januari 2019 - 11:50:53 WIB

Anies Baswedan : SALAM DUA JARI

Anies Baswedan : SALAM DUA JARI
Minggu, 13 Januari 2019 - 02:22:10 WIB

Analisis Fenomena Reuni 212

Analisis Fenomena Reuni 212
Selasa, 4 Desember 2018 - 09:09:05 WIB

Trend Persekusi di Zaman Millenial

Trend Persekusi di Zaman Millenial
Rabu, 17 Oktober 2018 - 22:46:58 WIB

Istilah Cebong dan Kampret Ala Indonesia

Istilah Cebong dan Kampret Ala Indonesia
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:14:38 WIB

Mengapa Islam Nusantara....?

Mengapa Islam Nusantara....?
Senin, 30 Juli 2018 - 19:01:22 WIB

Drone Emprit : Monitoring Sosmed Buatan Anak Indonesia

Drone Emprit : Monitoring Sosmed Buatan Anak Indonesia
Kamis, 26 Juli 2018 - 02:43:49 WIB

Pulang Kampung Dari Jakarta Menuju Surabaya, Lewat Tol ?

Pulang Kampung Dari Jakarta Menuju Surabaya, Lewat Tol ?
Selasa, 13 Maret 2018 - 12:20:58 WIB

Berita Bohong atau HOAX Yang Mendunia

Berita Bohong atau HOAX Yang Mendunia
Kamis, 8 Maret 2018 - 09:37:17 WIB


INDEX BERITA

Statistik Website

Go Top
54.236.246.85 | 54.236.246.85 | Browser Tidak di ketahui - CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/) | System Operasi tidak di ketahui - System Operasi tidak di ketahui | 0.05875 sec