Artikel

Home  »  News  »  Syarat Pemrograman Andoid
Rating: 2.5/10 (2 votes cast)

Syarat Pemrograman Andoid

Sabtu, 27 Juni 2015 - 12:38:40 WIB | Android | komentar : (0) | dibaca : 740
Syarat Pemrograman Andoid

Pemrograman Android adalah salah satu materi yang di cari saat ini. Maka tidak heran muncul berbagai macam blog yang mengajarkan tutorial pemrograman android. Buku buku android pun laris di beli oleh para calon programer atau mahasiswa. Sayannya, sebagian besar buku dan blog itu tidak mengajarkan apa yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum belajar pemrograman android.

Ada beberapa informasi yang harus diketahui sebelum anda belajar pemrograman Android, diantaranya adalah :

Eclipse
Eclipse adalah IDE yang dipakai untuk pemrograman android. Kebanyakan programer java datang dari NetBeans. Eclipse tidak terlalu susah, anda cukup memfamiliarkan interface dan layoutnya saja. Namun, jika anda ingin mempelajari eclipse lebih jauh bisa anda baca di http://www.vogella.com/articles/Eclipse/article.html.

XML
Xml adalah bahasa markup yang banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML dipakai di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming. XML sebenarnya tidak susah untuk dipelajari. Yang perlu anda pahami hanya aturan aturan dasarnya saja dan bagaimana cara menulis XML dan cara membacanya. Anda bisa membaca materi XML di http://www.w3schools.com/xml/default.asp.

JAVA
Java adalah bahasa pemrogramannya android. Jika anda tidak pernah belajar java, namun tiba tiba coding java di android, anda akan mengalami kesulitan. Konsep seperti Class, Package, access modifier(public/prifat) dan konsep lain harus anda pelajari dulu. Anda bisa saja copas code dan programnnya jalan, namun anda akan kesulitan ketika membuat program android dari awal.

Untuk Java, saya sarankan belajar java resmi dari websitenya yaitu http://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/.  Jika anda ingin yang belajar yang menggunakan bahasa indonesia, silahkan baca buku “Esensi-esensi Bahasa Pemrograman JAVA” karangan Bambang Haryanto. Sejauh ini, buku bahasa indonesia yang mengajarkan java secara lengkap dan mendalam sampai konsep konsepnya hanya buku ini. Buku yang lain hanya mengajarkan cara koding, sedangkan buku ini mengajarkan konsep dijava, inilah yang lebih penting ketika anda ingin belajar android.

SQLite
Android menyimpan data data konfigurasi, data user dan data aplikasi di SQLite. Maka alangkah baiknya anda memplejari syntax SQLitenya terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi android yang memanfaatkan SQLite. Anda bisa membaca tutorial SQLite disini.

JSON
JSON adalah format data yang dipakai untuk mengirim data dari webservice ke android. Anda akan menemui json jika sudah belajar android tingkat lanjut, terutama pemrograman client server. Contohnya misal aplikasi siakad mobile yang terkoneksi ke sistem siakad dengan

PHP/MySQL.
Pemahaman JSON dan cara memparsing json juga harus dipelajari. Silahkan cek http://www.json.org/. Cara untuk memparsing JSON bisa anda baca disini.

Google Service
Hampir semua aplikasi bawaan android adalah layanan Google. Dari GMail, Youtube, Google map, Photo, Google+, Contact, Google Drive dan yang paling utama adalah playstore. Bagi pemilik HP android, pastinya sudah familiar dengan produk produk ini, namun bagi yang datang dari Windows phone atau symbian, saya sarankan anda memfamiliarkan dengan teknologi Google.

Setalah paham dan terbiasa, silahkan masuk ke http://developer.google.com untuk melihat Layanan Google untuk developer.  Sebagai contoh, anda ingin menampilkan peta Google maps di android. Maka anda wajib mengunjungi website diatas. Google service untuk developer ini bisa anda pelajari jika anda ingin membangun aplikasi yang terintegrasi dengan Layanan Google.