Artikel

Home  »  News  »  SEO: 7 Hal yang mempengaruhi rangking di Google
Rating: 1.0/10 (1 vote cast)

SEO: 7 Hal yang mempengaruhi rangking di Google

Kamis, 22 Desember 2016 - 14:54:52 WIB | Teknologi Informasi | komentar : (0) | dibaca : 557
SEO: 7 Hal yang mempengaruhi rangking di Google

Ilmu SEO selalu menjadi bahan yang hangat untuk diperbincangkan. Dengan mempelajari SEO, kita akan dipaksa untuk terus dan terus mengupdate ilmu kita setiap hari. Hal ini seiring dengan berkembangnya teknologi mesin pencari baik yang diprakarsai oleh google maupun vendor yang lain. Namun dalam hal ini yang akan kita bicarakan masih berfokus terhadap raja mesin pencari di planet ini yaitu google.

1. Social graph metrics 5.30%

Perkembangan jejaring sosial dewasa ini memang hampir tak terbendung, dengan demikian peluang kita untuk promosi dan mendapatkan rekomendasi dari jejaring sosial semakin besar. SEOmoz telah memetakan pengaruh jejaring sosial terhadap ranking kita dengan nilai 5.30%. Berdasarkan nilai tersebut hendaknya kita perlu untuk meningkatkan promosi di jejaring sosial untuk menaekkan ranking kita di google. Tentu jalan satu-satunya adalah rajin-rajin sharing konten Anda di jejaring sosial 
Semakin banyak akan semakin baik. Saya contohkan hasil social graph dari facebook.Statistik Google

2. Trafic + CTR  6.29%

Banyak yang berpikir bahwa lalu lintas pengunjung adalah hal yang paling dominan untuk mempengaruhi ranking di google. Tetapi hal ini dibantah oleh SEOmoz menurut apa yang disampaikan dalam gambar graphic paling atas. Ternyata pengaruhnya hanya 6.29% dari 100%.

Untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung yang banyak  tidak bisa didapat dg instant, Anda perlu membangun jaringan yg luas, stratedi SEO yang bagus dan kejarlah keyword-keyword tertentu yang banyak pencarinya.

3. Registration + Hosting  6.91 %

Carilah hosting yang terpercaya, termasuk urusan keamanan harusnya jadi priotias utama. Anda tentunya tidak mau web/blog Anda disusupi malware, trojan dan sejenisnya. Untuk menambah kepercayaan terhadap pembaca maka 
lengkapilah form registrasi saat membeli hosting dan biarkan orang lain bisa melihatnya. Jangan rahasikan datanya.

4. On page Keyword Usage 15.04%

Yang termasuk dalam optimisasi On page adalah format penulisan h1 utk judul, h2 sub judul. Selayaknya aturan penulisan pada umumnya dimana judul ditulisan dengan heading 1 dan sub judul heading 2. Hal ini bukan saja memudahkan robot google untuk mengenali format artikel Anda, tapi juga memudahkan pembaca dalam membacanya.
On Page sangat berpengaruh besarnya terhadap hasil pencarian organik, apalgi dengan pemanfaatan teknologi semantic, mesin pencari sudah sangat cerdas untuk menganalisa dan mengindex artikel Anda.

5. Anchor text of external Link to the page 20.26%

Anchor text boleh juga disebut sebagai judul link/label link 
Anchor text adalah teks yg nampak dan digunakan sebagai hyperlink. Biasanya ditandai dengan tulisan berwarna biru yang apabila diklik akan membukan halam website. Peranan Anchor text sampai ke level 20.26% untuk mendongkrak ranking Anda di mesin pencari google. Jadi, jangan pernah sepelekan hal ini.

6. Link popularity of the specific page 22.33 %

Mempunyai banyak backlink memang sangat menguntungkan buat blog Anda. 
Tapi kualitas web yang mengarahkan linknya ke kita harus bagus. Misalkan blog dengan page rank 5 di google mengarahkan sebuah link ke kita, tentu ini akan lebih baik dengan blog page rank 0 mengarahkan linknya ke kita dan pengaruhnya pun sangat tinggi sampai 22,33%.

7. Trust/Authority of the host domain 23.87 %

Belilah domain di vendor yg ternama, seperti namecheap, godaddy dan sejenisnya 
  Hindari membeli domain yg dulunya dipakai untuk hal yg tidak baik, dan untuk menghindari hal ini adalah dengan membeli domain yang baru, jangan tertarik dengan domain lama tapi telah digunakan untuk tindakan yang tidak disukai oleh manusia dan robot google.

Ulasan diatas berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim dari SEOmoz. Jika ada saran dan masukan mengenai SEO, itu suatu bukti bahwa ilmu SEO selalu dinamis, banyak cara baru untuk diketahui.