Artikel

Home  »  Teknologi Informasi »  Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna
Rating: 5.3/10 (244 votes cast)

Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna

Jum`at, 3 Juli 2020 - 16:18:29 WIB | Teknologi Informasi | komentar : (0) | dibaca : 2899
Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna

Jakarta - Tantangan dari professor buat bikin paper mengenai pemrograman dengan bahasa phyton. Sejujurnya penulis tidak menyukai bahasa pemrograman ini, karena memang kebutuhan pasar yang penulis kerjakan jarang bersentuhan dengan bahasa yang katanya "multiguna". 

Penulis mencoba mempelajari dan memahami bahasa ini, dengan berbagai macam literatur dan sumber terpercaya, maka penulis mencoba menuangkannya dalam bentuk tulisan berikut. Dengan harapan baik penulis dan pembaca situs ini dapat saling belajar dan mengembangkan bahasa pemrograman multiguna ini.

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, python lebih menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Hal ini membuat Python sangat mudah dipelajari baik untuk pemula maupun untuk yang sudah menguasai bahasa pemrograman lain.

Bahasa ini muncul pertama kali pada tahun 1991, dirancang oleh seorang bernama Guido van Rossum. Sampai saat ini Python masih dikembangkan oleh Python Software Foundation. Bahasa Python mendukung hampir semua sistem operasi, bahkan untuk sistem operasi Linux, hampir semua distronya sudah menyertakan Python di dalamnya.

Dengan kode yang simpel dan mudah diimplementasikan, seorang programmer dapat lebih mengutamakan pengembangan aplikasi yang dibuat, bukan malah sibuk mencari syntax error.

Ada dua versi Python yang beredar saat ini, yaitu versi 2 dan 3.

Apa perbedaanya?

Python versi 2 merupakan versi yang banyak digunakan saat ini, baik dilingkungan produksi dan pengembangan.

Sementara Python versi 3 adalah pengembangan lanjutan dari versi 2. Python 3 memiliki lebih banyak fitur dibandingkan Python 2

Python adalah sebuah bahasa pemograman scripting tingkat tinggi atau high-level, interpreted, interactive, dan object-oriented. Python dengan desain yang sangat mudah di baca dan dipahami, karena sama seperti bahasa pemograman yang lainnya yaitu dengan menggunakan kata bahasa inggris. Selain itu juga lebih sedikit dalam penggunaan rumus atau syntac.

  • Interpreted : Python diproses pada saat runtime oleh interpreter, artinya Anda tidak perlu untuk mengkompilasi program Anda sebelum dijalankan. Sama seperti di bahasa pemograman PHP dan PERL
  • Interactive : Maksudnya Anda dapat secara langsung berinteraksi dan menafsirkan scripting menggunakan Prompt Python pada saat menulis program Anda
  • Object-oriented : Python juga mendukung sistem object-oriented atau teknik pemograman yang merangkum kode dalam objek.

Kelebihan Python

Meskipun tidak sepopuler bahasa pemrograman C atau Java, kelebihan bahasa pemrograman Python dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari. Bahasa Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menjadi bahasa pemrograman resmi yang digunakan oleh perusahaan Google.

Seperti bahasa-bahasa lainnya, kelebihan bahasa pemrograman Python menyebabkan perusahaan-perusahaan teknologi meliriknya untuk digunakan dalam mengembangkan platformnya. Jadi, apa aja sih kelebihan dari bahasa pemograman Python ? Kelebihan-kelebihan bahasa pemrograman Python tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mudah Dipelajari
Mudah dipelajari sudah melekat sebagai salah satu kelebihan bahasa pemrograman Python diantara bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemograman Python ini memiliki sintaks-sintaks yang cukup sederhana dan mudah dimengerti.

Python merupakan bahasa yang sangat dinamis, yang dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi. Filososfi ini menjadikan bahasa pemrograman Python memiliki kelebihan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya

2. Mudah Digunakan
Kelebihan bahasa pemrograman Python lainnya adalah bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang mudah untuk digunakan dalam mengembangkan sebuah produk, baik itu web, software, aplikasi web, maupun video game.

Selain memiliki keterbacaan kode yang tinggi, sehingga kode mudah dipahami, bahasa pemrograman ini memiliki library yang sangat banyak dan luas. Berbagai macam jenis library ini memuat sangat banyak perlengkapan dan fungsionalitas yang dangat luar biasa, sehingga kemudahan membangun program menjadi salah satu yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman tersebut.

3. Mendukung Internet of Things Dengan Baik
Kelebihan bahasa pemrograman Python salah satunya adalah merupakan bahasa yang mendukung ekosistem Internet of Things dengan sangat baik.

IoT sedang marak dibicarakan atau bahkan dikembangkan di kalangan maker. Internet of Things adalah sebuah teknologi yang menghubungkan benda – benda di sekitar atau lingkungan kita ke dalam sebuah jaring – jaring yang menghubungkan satu sama lain.

Teknologi yang mengusung semua benda dapat terhubung dalam satu jaringan internet ini tidak terlepas dari kebutuhan akan bahasa pemrograman dalam mengembangkan sistemnya. Dan bahasa pemrograman Python menawarkan dukungan yang sangat baik terhadap teknologi ini.

Kekurangan Python
Berikut beberapa kekurangan dari bahasa pemograman Python

  • Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, serupa bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak serupa bahasa pemrograman kompilasi serupa bahasa C.
  • Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
  • Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip bertampilan untuk mereka.
  • Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara meluas. Python menyiapkan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya

Semoga bermanfaat. == DEK ==

SHARE TO:
Ada 0 komentar untuk arikel ini
Isi Komentar

Nama :
Email :
Komentar : Sisa Karakter
Captcha : Security Code
Type Code :


Halaman ini menerima komentar terkait artikel yang berjudul Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Kami berhak untuk tidak menampilkan komentar jika mengandung SPAM, tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Berita Terkait : Teknologi Informasi

Quote of the day

Do not blame your past, because the past will never change.

Calender

« Aug 2020 »
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sat
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Artikel Terakhir

Matlab : Perhitungan dan Analisis

Matlab : Perhitungan dan Analisis
Minggu, 5 Juli 2020 - 09:46:08 WIB

Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna

Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna
Jum`at, 3 Juli 2020 - 16:18:29 WIB

Trend Video Mapping, Seni Visual Era Millenial

Trend Video Mapping, Seni Visual Era Millenial
Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:49:16 WIB

Beda Front End dan Back End Developer

Beda Front End dan Back End Developer
Kamis, 11 Juni 2020 - 13:29:03 WIB

Digital Forensics Investigation Models

Digital Forensics Investigation Models
Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:27:07 WIB

Janji Manismu Menyakitiku, Mau Nambah Lagi?

Janji Manismu Menyakitiku, Mau Nambah Lagi?
Jum`at, 18 Januari 2019 - 11:50:53 WIB

Anies Baswedan : SALAM DUA JARI

Anies Baswedan : SALAM DUA JARI
Minggu, 13 Januari 2019 - 02:22:10 WIB

Analisis Fenomena Reuni 212

Analisis Fenomena Reuni 212
Selasa, 4 Desember 2018 - 09:09:05 WIB

Trend Persekusi di Zaman Millenial

Trend Persekusi di Zaman Millenial
Rabu, 17 Oktober 2018 - 22:46:58 WIB

Istilah Cebong dan Kampret Ala Indonesia

Istilah Cebong dan Kampret Ala Indonesia
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:14:38 WIB


INDEX BERITA

Statistik Website

Go Top
54.236.59.154 | 54.236.59.154 | Browser Tidak di ketahui - CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/) | System Operasi tidak di ketahui - System Operasi tidak di ketahui | 0.11241 sec