Artikel

Home  »  News  »  NXP Semiconductors, Perusahaan Pembuat e-KTP Indonesia
Rating: 2.0/10 (1 vote cast)

NXP Semiconductors, Perusahaan Pembuat e-KTP Indonesia

Jum`at, 10 Maret 2017 - 02:42:12 WIB | Teknologi Informasi | komentar : (0) | dibaca : 573
NXP Semiconductors, Perusahaan Pembuat e-KTP Indonesia

Masih hangat persidangan kasus e-KTP berlangsung pada hari Kamis, 09 Maret 2017. Banyak tokoh politik “bermain” dalam kasus ini. Dari mulai Politikus Senayan, sampai pengusaha “kerah putih” ikut meramaikan kasus korupsi di Indonesia. Tapi, untuk kesempatan kali ini, penulis tidak membahas tentang kasusnya, yang menarik bagi penulis adalah siapa yang membuat CHIP e-KTP Indonesia ini. Selain itu, penulis juga pernah terlibat dalam pekerjaan proses implementasi e-KTP dari sisi Datawarehouse (baca : Implementasi Datawarehouse Kemendagri 2015).

Simak video berikut mengenai profile dari NXP Semiconductors :

Menarik untuk diketahui, bahwa pembuatan chip e-KTP ini melibatkan perusahaan asing yang berasal dari Belanda. Perusahaan ini memproduksi 172 juta chip untuk proyek e-KTP Indonesia.

NXP adalah perusahaan asal Belanda yang tergabung dalam konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI). Proyek yang diluncurkan pada 2011 ini adalah salah implementasi kartu identitas elektronik (e-ID) nasional terbesar di dunia.

Phil Sealy, analis industri dari ABI Research menganggap konsorsium PNRI telah bekerja sesuai jadwal dalam menyelenggarakan proyek e-KTP tersebut.

"Di masa yang akan datang, ABI Research berharap pemerintah Indonesia bisa lebih memperluas dan meningkatkan kemampuannya untuk merangkul warga negara dengan layanan-layanan e-government," kata Sealy.

Kartu e-KTP untuk sekitar 172 juta penduduk merupakan bagian dari sistem e-ID lengkap multi aplikasi berskala nasional yang terdiri dari solusi pengambilan data, server, penyimpanan data, pencocokan biometrik dan kartu cerdas, serta berbagai solusi infrastruktur dan jaringan.

Seperti apa peranan NXP? Dalam keterangan tertulisnya, NXP menyebutkan telah menyediakan sistem mikrokontroler aman dan Secure Application Modules (SAM) tertanam serta pembaca Integrated Chips (IC). Teknologi yang disediakannya itu berperan dalam keamanan serta interoperabilitas sistem e-KTP.

Ulrich Huewels, VP dan general manager, business line secure card solutions, NXP Semiconductors, mengatakan penerapan identitas elektronik seperti e-KTP bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

"Ini memiliki potensi untuk benar-benar memberikan perubahan dalam masyarakat dengan menyediakan kemudahan dan akses aman terhadap layanan-layanan publik bagi warga negara – contoh terbaiknya adalah kemampuan e-Voting yang dimungkinkan oleh kartu cerdas e-KTP Indonesia," kata Huewels

NXP sendiri bukan perusahaan kemarin sore dalam hal pembuatan chip semacam ini. Mereka sudah biasa memproduksi perangkat identifikasi di sektor perbankan, eGovernment, tiket transportasi, infrastruktur, RFID tagging, otentifikasi perangkat dan NFC. Bahkan, Apple pun mempercayakan produksi chip near field communication (NFC) untuk Apple Pay di iPhone kepada NXP. Hal yang sama juga dilakukan Samsung untuk chip di Samsung Pay.
(== Semoga Bermanfaat==)