Artikel

Home  »  News  »  Membangun Aplikasi Java Dengan Eclipse
Rating: 1.0/10 (1 vote cast)

Membangun Aplikasi Java Dengan Eclipse

Sabtu, 23 Mei 2015 - 18:39:57 WIB | Java | komentar : (0) | dibaca : 584
Membangun Aplikasi Java Dengan Eclipse

Pada tulisan ini dibahas beberapa hal mendasar yang saya rasa penting diketahui dalam penggunaan Eclipse untuk membangun aplikasi Java. Beberapa hal yang dibahas adalah: pembuatan workspace, cara membuat project, cara membuat Java class, dan cara membuat package.

Konsep abstraction, encapsulation, inheritance dan polymorphism yang telah dibahas pada Tutorial Object Oriented Programming dengan Java Bagian 2, 3 dan 4 dapat diterapkan menggunakan Eclipse. Yang berbeda di sini hanyalah Integrated Development Environment (IDE) saja. Pada artikel-artikel tersebut IDE  yang digunakan adalah Netbeans.

Java Development Kit

Pastikan Java Development Kit (JDK) sudah terinstall pada komputer. Bila belum, install JDK terbaru pada komputer Anda. Pada contoh ini di komputer saya telah terinstal JDK 1.

Bila JDK belum terinstall, download saja JDK ini dari situs Oracle. Kemudian lakukan proses install (cari petunjuk cara install JDK di google, gampang kok). Tanpa JDK, kita tidak akan bisa mencompile program yang kita buat. Dengan kata lain, kita  tidak bisa membuat program Java tanpa JDK.