Artikel

Home  »  Teknologi Informasi »  Matlab : Perhitungan dan Analisis
Rating: 5.5/10 (227 votes cast)

Matlab : Perhitungan dan Analisis

Minggu, 5 Juli 2020 - 09:46:08 WIB | Teknologi Informasi | komentar : (0) | dibaca : 2639
Matlab : Perhitungan dan Analisis

Jakarta - Bahasa pemrograman yang nampaknya asing bagi orang awam. Tapi tidak untuk para programmer yang berkecimpung dalam bidang analisis, bahasa ini dapat menjadikan pertimbangan selanjutnya dalam proses pengembangan pengetahuan dalam teknologi informasi.

MATLAB adalah kependekan dari MATrix LABoratory dikarenakan setiap data pada MATLAB menggunakan dasar matriks. MATLAB adalah bahasa pemrograman tinggi, tertutup, dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik yang dikembangkan oleh MathWorks. Salah satu kelebihannya yang paling populer adalah kemampuan membuat grafik dengan visualisasi terbaik. MATLAB mempunyai banyak tools yang dapat membantu berbagai disiplin ilmu. Ini merupakan salah satu penyebab industri menggunakan MATLAB. Selain itu MATLAB mempunyai banyak library yang sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan matematika seperti membuat simulasi fungsi, pemodelan matematika dan perancangan GUI.

Manfaat Matlab

MATLAB digunakan oleh kalangan pelajar, teknisi, peneliti di Universitas, Institusi Penelitian maupun Industri untuk melakukan komputasi matematis dalam berbagai keperluan. MATLAB biasanya digunakan untuk penelitian, pengembangan sistem dan desain sistem. Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, MATLAB merupakan bahasa pemrograman tertutup. Untuk kompilasi program anda harus menggunakan software dari MathWorks sendiri. Berikut pengertian MATLAB dan kegunaannya.

PERBEDAAN MATLAB DENGAN SOFTWARE PEMROGRAMAN LAIN

Terdapat perbedaan yang signifikan antara Matlab dengan software pemrograman lainnya (C/C++, Visual Basic, Java, dan lain-lain). Perbedaan yang utama antara keduanya dapat dilihat dari tiga faktor yaitu tujuan penggunaannya, fitur yang disediakan dan orientasi hasil masing-masing.

Ditinjau dari segi penggunaannya, software pemrograman biasanya berfungsi umum untuk berbagai kebutuhan (misalnya sistem informasi dan database), sedangkan Matlab digunakan spesifik sebagai alat bantu komputasi untuk bidang-bidang ilmiah (pendidikan, riset penelitian akademis, riset penelitian industri, dan lain-lain) yang membutuhkan library program perhitungan dan tools disain dan analisis sistem matematis.

Ditinjau dari segi fiturnya, bahasa pemrograman umumnya hanya merupakan alat bantu membuat program, sedangkan Matlab dalam softwarenya selain membuat program juga terdapat fitur lain yang memungkinkan Matlab sebagai tools untuk disain dan analisis matematis dengan mudah.

Ditinjau dari segi orientasi hasilya, software pemrograman lain lebih berorientasi sebagai program untuk menghasilkan solusi program baru yang eksekusinya cepat, reliable dan efektif terhadap berbagai kebutuhan. Sedangkan Matlab lebih berorientasi spesifik untuk memudahkan penuangan rumus perhitungan matematis. Dalam hal ini dengan Matlab maka pembuatan program matematis yang kompleks bisa menjadi lebih singkat waktunya namun bisa jadi eksekusi program Matlab ini jauh lebih lambat dibandingkan bila dibuat dengan software pemrograman lainnya.

Beberapa contoh aplikasi MATLAB di berbagai disiplin ilmu;

Matematika
Sebagai ilmu yang dikenal sebagai "The Mother of Science" sudah tentu, MATLAB dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan matematika baik dari perhitungan biasa, simulasi fungsi maupun pemodelan matematika.

Statistika
Statistika adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, interpretasi, dan presentasi data. MATLAB juga menyediakan berbagai tools statistik seperti time series, neural network, dan lain-lain.

Finansial
Permasalahan finansial dapat diselesaikan dengan MATLAB seperti inflasi, suku bunga maupun permasalahan kompleks lainnya. Banyak tool seperti financial time series.

Teknik dan Komputasi
MATLAB dapat membantu dalam perancangan desain suatu sistem dan analisis suatu algoritma. Tersedia beragam tool seperti fuzzy logic designer, control system tuner,control system designer, linear system analyzer, neuro fuzzy designer, dan system identification.

Biologi
Perkembangan dunia semakin maju, dua ilmu dengan basis yang berbeda antara biologi dan teknologi sekarang bisa disatukan. MATLAB memungkinkan untuk melakukan analisis sistem organ, jaringan, bahkan DNA manusia, dan perancangan organ buatan. Banyak tool yang dapat digunakan seperti molecule viewer, Symbiology.

Komunikasi dan Jaringan
Industri besar dunia menggunakan MATLAB dalam analisis pengembangan sistem komunikasi dan jaringan. Banyak tools MATLAB untuk disiplin ilmu ini seperti Bit Error Rate Analysis, signal analysis dan lain-lain.

APLIKASI MATLAB

Matlab memiliki ruang lingkup kegiatan penggunaan yaitu:

  • Disain matematis
  • Pemodelan sistem matematis
  • Pengolahan data matematis (sinyal, citra dan lain-lain)
  • Simulasi, baik yang real time maupun tidak
  • Visualisasi 2D dan 3D
  • Tools analisis & testing

Karena kebutuhan yang tinggi terhadap program komputer yang menyediakan tools komputasi, pemodelan dan simulasi dengan berbagai fasilitasnya, maka berbagai fitur ditambahkan kepada Matlab dari tahun ke tahun. Matlab kini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yaitu Simulink, Toolbox, Blockset, Stateflow, Real Time Workshop, GUIDE dan lain-lain. Selain itu hasil dari program Matlab sudah dapat diekspor ke C/C++, Visual Basic, Fortran, COM, Java, Excel, dan web/internet. Dengan demikian hasil dari Matlab dapat dikompilasi dan menjadi program yang waktu eksekusinya lebih cepat, serta bisa diakses dengan berbagai cara.

Selain Matlab sebenarnya sudah ada beberapa software komputasi lain yang sejenis, namun tidak selengkap dan berkembang sebagus Matlab. Selain itu Matlab tersedia untuk bergai platform komputer dan sistem operasi. Hingga kini Matlab tetap menjadi software terbaik untuk komputasi matematik, baik di dunia komputer Macintosh maupun PC, yang sistem operasinya Windows ataupun Linux/Unix. ==DEK==

SHARE TO:
Ada 0 komentar untuk arikel ini
Isi Komentar

Nama :
Email :
Komentar : Sisa Karakter
Captcha : Security Code
Type Code :


Halaman ini menerima komentar terkait artikel yang berjudul Matlab : Perhitungan dan Analisis . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Kami berhak untuk tidak menampilkan komentar jika mengandung SPAM, tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Berita Terkait : Teknologi Informasi

Quote of the day

Whatever you can do, or dream you can, begin it. Boldness has genius, power and magic in it.

Calender

« Aug 2020 »
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sat
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Artikel Terakhir

Matlab : Perhitungan dan Analisis

Matlab : Perhitungan dan Analisis
Minggu, 5 Juli 2020 - 09:46:08 WIB

Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna

Phyton : Bahasa Pemrograman Multiguna
Jum`at, 3 Juli 2020 - 16:18:29 WIB

Trend Video Mapping, Seni Visual Era Millenial

Trend Video Mapping, Seni Visual Era Millenial
Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:49:16 WIB

Beda Front End dan Back End Developer

Beda Front End dan Back End Developer
Kamis, 11 Juni 2020 - 13:29:03 WIB

Digital Forensics Investigation Models

Digital Forensics Investigation Models
Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:27:07 WIB

Janji Manismu Menyakitiku, Mau Nambah Lagi?

Janji Manismu Menyakitiku, Mau Nambah Lagi?
Jum`at, 18 Januari 2019 - 11:50:53 WIB

Anies Baswedan : SALAM DUA JARI

Anies Baswedan : SALAM DUA JARI
Minggu, 13 Januari 2019 - 02:22:10 WIB

Analisis Fenomena Reuni 212

Analisis Fenomena Reuni 212
Selasa, 4 Desember 2018 - 09:09:05 WIB

Trend Persekusi di Zaman Millenial

Trend Persekusi di Zaman Millenial
Rabu, 17 Oktober 2018 - 22:46:58 WIB

Istilah Cebong dan Kampret Ala Indonesia

Istilah Cebong dan Kampret Ala Indonesia
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:14:38 WIB


INDEX BERITA

Statistik Website

Go Top
54.236.59.154 | 54.236.59.154 | Browser Tidak di ketahui - CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/) | System Operasi tidak di ketahui - System Operasi tidak di ketahui | 0.10921 sec