Artikel

Home  »  News  »  Cara Menyimpan Data Dalam Gambar atau Foto
Rating: 2.0/10 (1 vote cast)

Cara Menyimpan Data Dalam Gambar atau Foto

Jum`at, 10 Juli 2015 - 03:55:29 WIB | Forensik Digital | komentar : (0) | dibaca : 455
Cara Menyimpan Data Dalam Gambar atau Foto

Beberapa minggu lalu mendapatkan materi yang membahas mengenai kasus pencemaran nama baik. Barang bukti sebuah foto dan Flashdisk di TKP.

Setelah dianalisa denga berbagai tools yang dimiliki oleh penulis, ternyata didalam foto atau gambar tersebut tersimpan informasi yang luar biasa sangat mengejutkan mengenai rencana pembunuhan oleh si pelaku.

Akhirnya, penulis dapat mengurai kejadian dan cara bagaimana si pelaku dapat menyelipkan informasi "penting" kedalam sebuah gambar atau foto, dimana orang awam tidak akan pernah tahu bahwa gambar tersebut hanyalah gambar biasa. Tapi bagi untuk penulis ini sesuatu yang mencurigakan.

Maka pada kesempatan ini, penulis ingin berbagi informasi bagaimana cara menyimpan file atau informasi lainnya dalam sebuah gambar. Tulisan ini dimaksudkan hanya sebagai pembelajaran dan bukan untuk tujuan negatif atau disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk dapat menyimpan informasi lain dalam sebuah gambar, dapat mengikuti langkah-langkah berikut di bawah ini :

  1. Data yang ingin anda masukkan kedalam gambar.
  2. Foto atau icon yang akan menjadi media converter dari data ke gambar. dan juga pastikan juga extentionnya adalan .JPG.
  3. Tool Converter.
  4. Selanjutnya Buat sebuah Folder contoh seperti gambar berikut. Masukkan semua yang sudah dipersiapkan diatas.
  5. Nah kemudian Buat sebuah Folder baru dengan nama Source dan masukkan data yang ingin anda convert kedalam volder source tadi.
  6. Kemudian klik kanan pada sourcecode dan add to rar
  7. kemudian akan bertambah 1 file rar bernama source sperti berikut.
  8. Nah Setelah itu Silahkan Klik pada file_transform_image.bat maka secara otomatis akan menambahkan informasi kedalam file image.

Informasi diatas tidak penulis jelaskan secara detail, untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak-pihak tertentu. Tapi bila anda menginginkan secara detail disertai dengan tools dan tutorialnya, anda dapat menghubungi penulis melalui email pada menu contact di halaman web ini. Semoga bermanfaat.